Thursday, August 13, 2020

RPP Kelas 3 Tema 1 Sub tema 1 Pembelajaran 1 (revisi 2020)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020

Satuan Pendidikan         : SDN 03 Pakan Kurai

Kelas / Semester             :  3 /1

Tema                                :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                        : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu              :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke             :  1

Alokasi waktu                 :  1 hari

 

A. TUJUAN

  1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.
  2. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.
  3. Setelah mengamati, siswa dapat membuat pola irama sederhana dengan benar.
  4. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana yang sudah dibuat dengan percaya diri.
  5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  6. Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  7. Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
  8. Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
  9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

  • Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  • Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Ayo Bernyanyi
  • Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding.
  • Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu.
  • Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.
  • Siswa mengamati tanda dan yang ada pada syair lagu.
  • Jika ada tanda artinya menyanyi dengan bunyi pendek.
  • Jika ada tanda artinya menyanyi dengan bunyi panjang.
  • Misalnya : ci-cak-ci-cak-di-din-diiing.
  • Siswa berlatih menyanyi secara bergantian. (Mandiri)
  • Guru menyampaikan bahwa lagu Cicak di Dinding termasuk lagu yang memiliki pola irama sederhana. Karena pola lagu di setiap baris hampir sama.
  • Siswa diminta mengamati baris lagu yang memiliki pola sama dan pola yang berbeda. (Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Berlatih
  • Siswa berlatih menuliskan pola menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek.
  • Buat pola dengan berbagai macam variasi.
  • Lalu siswa berlatih menyanyikan pola yang sudah dibuat dengan suara ta (pendek) dan taaa (suara panjang).
  • Siswa mencoba menyanyikan lagu dengan pola yang sama setiap barisnya (panjang semua atau pendek semua)
  • Siswa menyampaikan perasaannya jika semua bunyi pada lagu sama.
  • Adanya berbagai variasi pola bunyi lagu membuat lagu terdengar lebih asyik tidak membosankan. (Creativity and Innovation)
Ayo Mengamati
  • Siswa mengamati gambar.
  • Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar.
  • Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai ciri-ciri makhluk hidup. (Critical Thinking and Problem Formulation)
  • Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar.
  • Kesimpulannya ikan dan cicak sama-sama makhluk hidup. Ciri-ciri makhluk hidup dari kedua hewan tersebut adalah bergerak, butuh makanan, dan lain-lain.
Ayo Berlatih
  • Membandingkan gambar cicak dan ikan mas. Keduanya sama-sama berkembangbiak dengan cara bertelur. Ikan mas bertelur sampai dengan ribuan.
  • Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan.
  • Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang dimiliki bersama 4 orang teman lainnya.
  • Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 yang ada pada buku (Critical Thinking and Problem Formulation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

  • Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  • Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  • Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 
  • Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi
  • Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

    15

    menit



C. PENILAIAN (ASESMEN)


Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Hj. ARTISPEN, S.Pd.

NIP. 198204011983032001

Bukittinggi, Juli 2020

Guru Kelas 3 

 

 

 

ABDIL HAFIZ, S.Pd.

NIP. 198303302009011001

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.     Penilaian Sikap

Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat pedoman penilaian sikap)

2.     Penilaian Pengetahuan: tes tertulis

a.     Membuat pola irama menggunakan simbol bunyi panjang dan pendek.

Skor maksimal 100.

Skor setiap baris 25.

Nilai = Banyaknya pola/baris × 25

Jawaban dapat beragam sesuai imajinasi siswa.

Kunci jawaban/contoh pola

Baris ke-

Pola

1

Ta      taa          ta       taa         ta         ta           taa

Ci      caak        ci       caak      di          din       diing

2

Ta       ta      ta             taa           ta       ta       taa

Di       am     dii           aam          me     ra      yaap

3

 taa          taa                   ta         ta      ta

Daa         taang               se       e       kor

4

taa                ta           ta         ta      ta          ta     

Haap             la           lu         di      tang    kap

 

b.    Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup minimal 4.

Skor maksimal 100

Nilai = (banyaknya jawaban benar : 4) × 100

Kunci jawaban.

Ciri-ciri makhluk hidup diantaranya:

·         Membutuhkan makanan dan air

·         Bernafas   

·         Berkembang biak

·         Bergerak

·         Peka terhadap rangsang

c.     Membilang secara urut dan loncat serta mengurutkan bilangan 1.000 sampai dengan 10.000

Banyaknya soal 19.

Skor maksimal 100.

Nilai = (Banyaknya jawaban benar : 19) × 100Jawaban bagian 1 membilang secara urut

1)     1.000, 2.000, 3.000, 4.000, 5.000

2)     1.500, 2.500, 3.500, 4.500

3)     2.000, 4.000, 6.000, 8.000, 10.000

Jawaban bagian II urutan bilangan.

1)     1.250, 2.250, 3.250, 4.250, 5.250

2)     1.300, 2.300, 3.300, 4.300, 5.300

3)     1.100, 2.250, 3.050, 4.200, 5.400

d.    Membilang dan menulis lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000

Banyaknya soal 8.

Nilai maksimal 100.

Nilai =  (banyaknya jawaban benar : 8) × 100

 

3.     Penilaian Keterampilan

a.     Keterampilan siswa dalam mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang dapat dilihat dari cara siswa/strategi menyelesaikan soal mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang bilangan.

b.    Rubrik Menulis Ciri-Ciri Makhluk Hidup Berdasarkan Gambar.

  No

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup

Perlu bimbingan

4

3

2

1

1

Penggunaan

huruf besar

dan tanda baca

Menggunakan 

huruf besar di

awal kalimat

dan nama

orang, serta

menggunakan

tanda titik di

akhir kalimat.

Terdapat 1-2

kesalahan

dalam

menggunakan

huruf besar dan

tanda titik.

Terdapat lebih

dari 2 kesalahan

dalam

menggunakan

huruf besar dan

tanda titik.

Tidak satu pun

kalimat yang

menggunakan

huruf besar dan

tanda titik.

2

Kesesuaian isi

Menuliskan 6

ciri-ciri makhluk

hidup dengan

lengkap.

Menuliskan 5

ciri-ciri makhluk

hidup.

Menuliskan 3-4

ciri-ciri makhluk

hidup.

Menuliskan

hanya satu

ciri-ciri makhluk

hidup.

3

Penulisan

Penulisan kata

sudah tepat.

Terdapat

1-2 kata

yang kurang

tepat dalam

penulisan.

Lebih dari 2 kata

yang kurang

tepat dalam

penulisan.

Semua

kata belum

tepat dalam

penulisan.

 

c.     Rubrik Kegiatan Bernyanyi 

  No

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup

Perlu bimbingan

4

3

2

1

1

Penguasaan

lagu

Siswa hapal

seluruh syair

lagu, irama

tepat.

Siswa hapal

seluruh syair

lagu, irama

kurang tepat

atau sebaliknya.

Siswa hapal

sebagian kecil

syair lagu.

Siswa belum

hapal syair lagu.

2

Ekspresi

Mimik wajah

dan gerakan

sesuai dengan

isi lagu.

Mimik wajah

dan gerakan

sesuai dengan

isi lagu namun

belum konsisten.

Mimik wajah

dan gerakan

belum sesuai

dengan isi lagu.

Belum mampu

menunjukkan

mimik wajah

dan gerakan

yang sesuai

dengan isi lagu.

 

Refleksi Guru

 

 

 

 

                                                              

No comments:

Post a Comment

MATERI KELAS 3 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3

  BDR 18, Senin 10-08-2020 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 A.     Assalamualaikum Ananda, sebelum kita mulai belajar marilah kita berdoa...