RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan : SDN 03 Pakan Kurai
Kelas / Semester : 3 /1
Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
(Tema 1)
Sub Tema : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu : 1 hari
- Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan percaya diri.
- Setelah mengamati, siswa dapat membuat pola irama sederhana dengan benar.
- Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana yang sudah dibuat dengan percaya diri.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
- Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
- Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
- Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan) dengan benar.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
|
15 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo Bernyanyi
|
140
menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
|
15
menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, Hj. ARTISPEN, S.Pd. NIP. 198204011983032001 |
Bukittinggi, Juli 2020 Guru Kelas 3 ABDIL HAFIZ, S.Pd. NIP. 198303302009011001 |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat
pedoman penilaian sikap)
2. Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
a.
Membuat pola irama menggunakan simbol bunyi panjang dan pendek.
Skor maksimal 100.
Skor setiap baris 25.
Nilai = Banyaknya pola/baris × 25
Jawaban dapat beragam sesuai imajinasi siswa.
Kunci jawaban/contoh pola
Baris ke- |
Pola |
1 |
Ta taa
ta taa
ta ta
taa Ci
caak ci
caak
di din
diing |
2 |
Ta
ta ta taa ta
ta taa Di am dii aam me ra
yaap |
3 |
taa taa ta ta ta Daa
taang se e
kor |
4 |
taa ta ta ta ta ta Haap
la lu di tang
kap |
b. Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup minimal 4.
Skor maksimal 100
Nilai = (banyaknya jawaban benar : 4) × 100
Kunci jawaban.
Ciri-ciri makhluk hidup diantaranya:
·
Membutuhkan makanan dan air
·
Bernafas
·
Berkembang biak
·
Bergerak
·
Peka terhadap rangsang
c. Membilang secara urut dan loncat serta
mengurutkan bilangan 1.000 sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 19.
Skor maksimal 100.
Nilai = (Banyaknya jawaban benar : 19) × 100Jawaban bagian 1 membilang
secara urut
1) 1.000, 2.000, 3.000, 4.000, 5.000
2) 1.500, 2.500, 3.500, 4.500
3) 2.000, 4.000, 6.000, 8.000, 10.000
Jawaban bagian II urutan bilangan.
1) 1.250, 2.250, 3.250, 4.250, 5.250
2) 1.300, 2.300, 3.300, 4.300, 5.300
3) 1.100, 2.250, 3.050, 4.200, 5.400
d. Membilang dan menulis lambang bilangan 1.000
sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 8.
Nilai maksimal 100.
Nilai = (banyaknya jawaban benar :
8) × 100
3. Penilaian Keterampilan
a. Keterampilan siswa dalam mengurutkan bilangan,
menulis nama dan lambang dapat dilihat dari cara siswa/strategi menyelesaikan
soal mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang bilangan.
b. Rubrik Menulis Ciri-Ciri Makhluk Hidup
Berdasarkan Gambar.
No |
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Penggunaan huruf besar dan tanda baca |
Menggunakan
huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat. |
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik. |
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik. |
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik. |
2 |
Kesesuaian isi |
Menuliskan 6 ciri-ciri makhluk hidup dengan lengkap. |
Menuliskan 5 ciri-ciri makhluk hidup. |
Menuliskan 3-4 ciri-ciri makhluk hidup. |
Menuliskan hanya satu ciri-ciri makhluk hidup. |
3 |
Penulisan |
Penulisan kata sudah tepat. |
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan. |
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan. |
Semua kata belum tepat dalam penulisan. |
c.
Rubrik Kegiatan Bernyanyi
No |
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Penguasaan lagu |
Siswa hapal seluruh syair lagu, irama tepat. |
Siswa hapal seluruh syair lagu, irama kurang tepat atau sebaliknya. |
Siswa hapal sebagian kecil syair lagu. |
Siswa belum hapal syair lagu. |
2 |
Ekspresi |
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi lagu. |
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi lagu namun belum konsisten. |
Mimik wajah dan gerakan belum sesuai dengan isi lagu. |
Belum mampu menunjukkan mimik wajah dan gerakan yang sesuai dengan isi lagu. |
Refleksi Guru
No comments:
Post a Comment