RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan Pendidikan :
SDN 03 Pakan Kurai
Kelas / Semester : 3 /1
Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
(Tema 1)
Sub Tema : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke
: 3
Alokasi waktu : 1 hari
- Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
- Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai ribuan dengan tepat.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai puluh ribuan dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
- Setelah mendengarkan penjelasan, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana pada lagu Anak Ayam dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam” dengan percaya diri.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|||||||||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
|||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti |
Ayo Mengamati ·
Siswa mengamati gambar
yang ada pada buku. · Siswa mengamati
ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar. ·
Ciri-ciri yang ditemui
diantaranya adalah;
· Siswa menuliskan hasil
pengamatan pada tempat yang tersedia pada buku. (Mandiri) · Siswa mengamati gambar
keluarga Siti sedang makan bersama dan gambar induk, telur, serta anak ayam. · Siswa berlatih
menuliskan informasi yang dapat diperoleh dari gambar tersebut, dan
menuliskan. · Hubungan kedua gambar
adalah adanya saling ketergantungan antara manusia dan hewan. Keluarga Siti sedang makan dengan lauk
telur dan ayam. · Gambar pertama
menunjukkan Siti sekeluarga membutuhkan makanan. Makanan bisa berasal dari
makhluk lain. · Gambar berikutnya
menunjukkan perkembangbiakan ayam. Mulai dari telur menjadi anak ayam,
selanjutnya tumbuh jadi ayam dewasa. · Masing-masing siswa
menyampaikan hasil temuannya. (Creativity and Innovation, Mandiri) ·
Semua pendapat siswa
dapat saling memperkaya temuan. Ayo Bernyanyi ·
Siswa mengamati guru
menyanyikan lagu Anak Ayam. ·
Siswa berlatih
menyanyi lagu Anak Ayam. ·
Siswa secara
bergantian menyanyikan lagu Anak Ayam di depan teman-teman. (Creativity
and Innovation) Ayo Mencoba ·
Siswa mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada syair lagu Anak Ayam. (Critical
Thinking and Problem Formulation) ·
Siswa juga
mengidentifikasi jenis pola irama yang ada pada lagu Anak Ayam dengan cara
memberi simbol bunyi panjang dan bunyi pendek pada syair lagu. ·
Siswa berlatih membuat
pola bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu Anak Ayam. ·
Siswa menyanyikan lagu
Anak Ayam dengan pola yang telah dibuat. Ayo Berlatih ·
Siswa diingatkan
kembali dengan bilangan ribuan dan berlatih membaca nama dan lambang
bilangannya. ·
Siswa mengamati contoh
suatu data hasil dari sebuh peternakan. ·
Siswa berlatih
menyelesaikan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan. ·
Untuk memudahkan dalam
membaca bilangan, bisa juga menggunakan teknik nilai tempat. Contohnya 1.250 Dalam tabel nilai
tempat dapat ditunjukkan seperti berikut. Angka 1 berada pada tempat ribuan dan bernilai 1.000 Angka 2 berada pada tempat ratusan dan bernilai 200 Angka 5 berada pada tempat puluhan dan bernilai 50 Angka 0 berada pada tempat satuan dan bernilai 0 • Siswa mengerjakan latihan soal. (Critical Thinking and Problem Formulation) |
140 menit |
|||||||||||||||||||||
|
|||||||||||||||||||||||
Kegiatan Penutup |
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini 2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan 3. Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. 4. Menyanyikan salah satu
lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa. |
15 menit |
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk
kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, Hj. ARTISPEN, S.Pd. NIP. 198204011983032001 |
Bukittinggi, Juli 2020 Guru Kelas 3 ABDIL HAFIZ, S.Pd. NIP. 198303302009011001 |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran
dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.
Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil
belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru
yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Penilaian Sikap
Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat
pedoman penilaian sikap
2. Penilaian Pengetahuan
a. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dari
gambar.
Banyaknya soal 5.
Skor setiap soal 20.
Nilai = banyaknya jawaban benar × 20
Kunci jawaban
No |
Ciri- ciri makhluk hidup |
Kegiatan pada gambar |
1 |
Tumbuhan memerlukan air |
Ibu
menyiram tanaman. |
2 |
Ayam memerlukan makanan |
Ayah
dan siti sedang memberi makanan. |
3 |
Ayam berkembang biak |
Gambar
jerami untuk ayam bertelur dan ada gambar induk ayam beserta anaknya. |
4 |
Manusia berkembangbiak |
Ada keluarga Siti : Ibu, Ayah, dan Siti |
5 |
Ayam memerlukan minuman |
Ada tempat minum |
6 |
Hewan bergerak |
Ayam nampak menuju makanan |
b.
Memberi simbol tanda bunyi panjang dan bunyi pendek
pada lagu Anak Ayam.
Minimal siswa dapat memberi simbol pada 4 baris
lagu.
Skor maksimal 100.
Skor untuk setiap baris adalah 25.
Nilai = banyaknya baris yang diselesaikan × 25
Contoh jawaban:
c.
Urutan peternakan berdasarkan telur yang dihasilkan
per bulan.
Banyaknya soal = 5
Nilai = Banyaknya jawaban benar × 20
Kunci jawaban
1) Peternakan B
2) Peternakan D
3) Peternakan E
4) Peternakan A
5) Peternakan C
d.
Latihan menghubungkan nama dan lambang bilangan
Banyaknya
soal 3.
Nilai = ( jumlah benar/3) × 100
Kunci jawaban
1) 1.250
ditulis seribu dua ratus lima puluh
2) 1.000 ditulis seribu
3) 2.500 ditulis dua ribu lima ratus
e.
Latihan menentukan nama dan lambang bilangan
menggunakan nilai tempat
bilangan.
Jumlah soal 3.
Nilai = ( jumlah benar/3) × 100
1)
4.750 dibaca empat
ribu tujuh ratus lima puluh
Ribuan |
Ratusan |
Puluhan |
Satuan |
4 |
7 |
5 |
0 |
2)
8.417 dibaca
delapan ribu empat ratus tujuh belas
Ribuan |
Ratusan |
Puluhan |
Satuan |
8 |
4 |
1 |
7 |
3)
1.000 dibaca seribu
Ribuan |
Ratusan |
Puluhan |
Satuan |
1 |
0 |
0 |
0 |
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Keterampilan mengelompokkan bilangan dapat diamati
saat siswa menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pengelompokkan bilangan.
b.
Rubrik Menulis Cerita Berdasarkan Gambar Berseri
No |
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Penggunaan huruf besar dan tanda baca |
Menggunakan
huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat. |
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik. |
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik. |
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik. |
2 |
Kesesuaian isi laporan yang ditulis |
Seluruh isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta. |
Setengah atau lebih isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta. |
Kurang dari setengah isi teks yang ditulis sesuai dengan isi laporan yang diminta. |
Semua isi teks belum sesuai. |
3 |
Penulisan |
Penulisan kata sudah tepat. |
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan. |
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan. |
Semua kata belum tepat dalam penulisan. |
4 |
Penggunaan kalimat yang efektif |
Semua kata menggunakan kalimat yang efektif. |
Terdapat 1-2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif. |
Terdapat lebih dari 2 kalimat yang menggunakan kalimat kurang efektif. |
semua kalimat menggunakan kalimat kurang efektif. |
c.
Rubrik Melakukan Gerakan Kombinasi
No |
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Penguasaan lagu |
Siswa hapal seluruh syair lagu, irama tepat. |
Siswa hapal seluruh syair lagu, irama kurang tepat atau sebaliknya. |
Siswa hapal sebagian kecil syair lagu. |
Siswa belum hapal syair lagu. |
2 |
Ekspresi |
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi lagu. |
Mimik wajah dan gerakan sesuai dengan isi lagu namun belum konsisten. |
Mimik wajah dan gerakan belum sesuai dengan isi lagu. |
Belum mampu menunjukkan mimik wajah dan gerakan yang sesuai dengan isi lagu. |
Refleksi Guru
No comments:
Post a Comment