Thursday, August 13, 2020

RPP Kelas 3 Tema 1 Sub tema 1 Pembelajaran 3 (revisi 2020)

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

KURIKULUM 2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020

 

Satuan Pendidikan        : SDN 03 Pakan Kurai

Kelas / Semester            :  3 /1

Tema                              :  Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup (Tema 1)

Sub Tema                        : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub Tema 1)

Muatan Terpadu              :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke             :  3

Alokasi waktu                 :  1 hari

 A.   TUJUAN

  1. Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  2. Setelah mengamati teks dan gambar, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang didengar/disajikan tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
  3. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai ribuan dengan tepat.
  4. Setelah mengamati contoh, siswa dapat menentukan nilai tempat sampai puluh ribuan dengan benar.
  5. Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengurutkan sekelompok bilangan yang diberikan antara 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
  6. Setelah mendengarkan penjelasan, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana pada lagu Anak Ayam dengan benar.
  7. Setelah mengamati contoh, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana melalui kegiatan bernyanyi lagu “Anak Ayam” dengan percaya diri.

 

B.   KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Ayo Mengamati

·         Siswa mengamati gambar yang ada pada buku.

·   Siswa mengamati ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada gambar.

·         Ciri-ciri yang ditemui diantaranya adalah;

No

Ciri-ciri makhluk hidup

Kegiatan pada gambar

1

Tumbuhan memerlukan air

Ibu menyiram tanaman.

2

Ayam memerlukan makanan

Ayah dan siti sedang memberi makanan.

3

Ayam berkembang biak.

Gambar jerami untuk ayam bertelur dan ada gambar induk ayam beserta anaknya.

4

Manusia berkembang biak

Ada keluarga siti: ibu, Ayah, dan Siti

5

Ayam memerlukan minuman

Ada tempat minum

 6

Hewan bergerak

Ayam nampak menuju makanan

·  Siswa menuliskan hasil pengamatan pada tempat yang tersedia pada buku. (Mandiri)

 Ayo Berlatih

·  Siswa mengamati gambar keluarga Siti sedang makan bersama dan gambar induk, telur,  serta anak ayam.

·   Siswa berlatih menuliskan informasi yang dapat diperoleh dari gambar tersebut, dan menuliskan.

· Hubungan kedua gambar adalah adanya saling ketergantungan antara manusia dan hewan.  Keluarga Siti sedang makan dengan lauk telur dan ayam.

·   Gambar pertama menunjukkan Siti sekeluarga membutuhkan makanan. Makanan bisa berasal dari makhluk lain.

·    Gambar berikutnya menunjukkan perkembangbiakan ayam. Mulai dari telur menjadi anak ayam, selanjutnya tumbuh jadi ayam dewasa.

·  Masing-masing siswa menyampaikan hasil temuannya. (Creativity and Innovation, Mandiri)

·         Semua pendapat siswa dapat saling memperkaya temuan.

 

Ayo Bernyanyi

·         Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Anak Ayam.

·         Siswa berlatih menyanyi lagu Anak Ayam.

·         Siswa secara bergantian menyanyikan lagu Anak Ayam di depan teman-teman.

(Creativity and Innovation)

 

Ayo Mencoba

·         Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada syair lagu Anak Ayam. (Critical Thinking and Problem Formulation)

·         Siswa juga mengidentifikasi jenis pola irama yang ada pada lagu Anak Ayam dengan cara memberi simbol bunyi panjang dan bunyi pendek pada syair lagu.

·         Siswa berlatih membuat pola bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu Anak Ayam.

·         Siswa menyanyikan lagu Anak Ayam dengan pola yang telah dibuat.

 

Ayo Berlatih

·         Siswa diingatkan kembali dengan bilangan ribuan dan berlatih membaca nama dan lambang bilangannya.

·         Siswa mengamati contoh suatu data hasil dari sebuh peternakan.

·         Siswa berlatih menyelesaikan soal latihan mengenai nama dan lambang bilangan.

·         Untuk memudahkan dalam membaca bilangan, bisa juga menggunakan teknik nilai tempat.

Contohnya 1.250

Dalam tabel nilai tempat dapat ditunjukkan seperti berikut.

 

Angka 1 berada pada tempat ribuan dan bernilai 1.000

Angka 2 berada pada tempat ratusan dan bernilai 200

Angka 5 berada pada tempat puluhan dan bernilai 50

Angka 0 berada pada tempat satuan dan bernilai 0

  Siswa mengerjakan latihan soal.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

1.    Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini

2.    Guru memberikan penguatan dan kesimpulan

3. Siswa diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.

4. Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.

5.    Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

    15

    menit

 

 C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

Hj. ARTISPEN, S.Pd.

NIP. 198204011983032001

Bukittinggi, Juli 2020

Guru Kelas 3 

 

 

 

ABDIL HAFIZ, S.Pd.

NIP. 198303302009011001

 


LAMPIRAN

 

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

 

1.    Penilaian Sikap

Observasi selama kegiatan berlangsung (Lihat pedoman penilaian sikap

2.    Penilaian Pengetahuan

a.    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup dari gambar.

Banyaknya soal 5.

Skor setiap soal 20.

Nilai = banyaknya jawaban benar × 20

Kunci jawaban

No

Ciri- ciri makhluk hidup

Kegiatan pada gambar

1

Tumbuhan memerlukan air

Ibu menyiram tanaman.

2

Ayam memerlukan makanan

Ayah dan siti sedang memberi makanan.

3

Ayam berkembang biak

Gambar jerami untuk ayam bertelur dan ada gambar induk ayam beserta anaknya.

4

Manusia berkembangbiak

Ada keluarga Siti : Ibu, Ayah, dan Siti

5

Ayam memerlukan minuman

Ada tempat minum

6

Hewan bergerak

Ayam nampak menuju makanan

 

b.    Memberi simbol tanda bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu Anak Ayam.

Minimal siswa dapat memberi simbol pada 4 baris lagu.

Skor maksimal 100.

Skor untuk setiap baris adalah 25.

Nilai = banyaknya baris yang diselesaikan × 25

Contoh jawaban:

 

 

c.    Urutan peternakan berdasarkan telur yang dihasilkan per bulan.

Banyaknya soal = 5

Nilai = Banyaknya jawaban benar × 20

Kunci jawaban

1) Peternakan B

2) Peternakan D

3) Peternakan E

4) Peternakan A

5) Peternakan C

 

d.    Latihan menghubungkan nama dan lambang bilangan

Banyaknya  soal 3.

Nilai = ( jumlah benar/3) × 100

Kunci jawaban

1)  1.250  ditulis seribu dua ratus lima puluh

2)  1.000 ditulis seribu

3)  2.500 ditulis dua ribu lima ratus

 

e.    Latihan menentukan nama dan lambang bilangan menggunakan nilai tempat

bilangan.

Jumlah soal 3.

Nilai = ( jumlah benar/3) × 100

1)    4.750 dibaca empat ribu tujuh ratus lima puluh

Ribuan

Ratusan

Puluhan

Satuan

4

7

5

0

 

2)    8.417 dibaca delapan ribu empat ratus tujuh belas

Ribuan

Ratusan

Puluhan

Satuan

8

4

1

7

 

3)    1.000 dibaca seribu

Ribuan

Ratusan

Puluhan

Satuan

1

0

0

0

 

3.    Penilaian Keterampilan

a.    Keterampilan mengelompokkan bilangan dapat diamati saat siswa menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pengelompokkan bilangan.

b.    Rubrik Menulis Cerita Berdasarkan Gambar Berseri

  No

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup

Perlu bimbingan

4

3

2

1

1

Penggunaan

huruf besar

dan tanda baca

Menggunakan 

huruf besar di

awal kalimat

dan nama

orang, serta

menggunakan

tanda titik di

akhir kalimat.

Terdapat 1-2

kesalahan

dalam

menggunakan

huruf besar dan

tanda titik.

Terdapat lebih

dari 2 kesalahan

dalam

menggunakan

huruf besar dan

tanda titik.

Tidak satu pun

kalimat yang

menggunakan

huruf besar dan

tanda titik.

2

Kesesuaian isi

laporan yang

ditulis

Seluruh isi teks

yang ditulis

sesuai dengan

isi laporan yang

diminta.

Setengah atau

lebih isi teks

yang ditulis

sesuai dengan

isi laporan yang

diminta.

Kurang dari

setengah isi

teks yang ditulis

sesuai dengan

isi laporan yang

diminta.

Semua isi teks

belum sesuai.

3

Penulisan

Penulisan kata

sudah tepat.

Terdapat

1-2 kata

yang kurang

tepat dalam

penulisan.

Lebih dari 2 kata

yang kurang

tepat dalam

penulisan.

Semua

kata belum

tepat dalam

penulisan.

4

Penggunaan

kalimat yang

efektif

Semua kata

menggunakan

kalimat yang

efektif.

Terdapat 1-2

kalimat yang

menggunakan

kalimat kurang

efektif.

Terdapat

lebih dari 2

kalimat yang

menggunakan

kalimat kurang

efektif.

semua kalimat

menggunakan

kalimat kurang

efektif.

 

c.    Rubrik Melakukan Gerakan Kombinasi

  No

Kriteria

Baik sekali

Baik

Cukup

Perlu bimbingan

4

3

2

1

1

Penguasaan

lagu

Siswa hapal

seluruh syair

lagu, irama

tepat.

Siswa hapal

seluruh syair

lagu, irama

kurang tepat

atau sebaliknya.

Siswa hapal

sebagian kecil

syair lagu.

Siswa belum

hapal syair lagu.

2

Ekspresi

Mimik wajah

dan gerakan

sesuai dengan

isi lagu.

Mimik wajah

dan gerakan

sesuai dengan

isi lagu namun

belum konsisten.

Mimik wajah

dan gerakan

belum sesuai

dengan isi lagu.

Belum mampu

menunjukkan

mimik wajah

dan gerakan

yang sesuai

dengan isi lagu.

 

Refleksi Guru

 

 

 

 

 

                                                         

 

No comments:

Post a Comment

MATERI KELAS 3 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3

  BDR 18, Senin 10-08-2020 TEMA 1 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 A.     Assalamualaikum Ananda, sebelum kita mulai belajar marilah kita berdoa...