RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
KURIKULUM
2013 (3 KOMPONEN) REVISI 2020
Satuan
Pendidikan : SDN 03 Pakan Kurai
Kelas /
Semester : 3 /1
Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
(Tema 1)
Sub
Tema : Ciri-ciri Makhluk Hidup (Sub
Tema 1)
Muatan
Terpadu : Bahasa Indonesia,
Matematika, SBdP
Pembelajaran
ke : 2
Alokasi waktu : 1 hari
- Setelah mengamati gambar dan teks yang dibaca, siswa dapat menemukan kata/istilah khusus tentang ciri-ciri makhluk hidup dengan tepat.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat menyusun informasi lisan/tulis/visual tentang ciri-ciri makhluk hidup dalam bentuk kalimat efektif.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar.
- Setelah mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan prosedur berbagai gerakan jalan dengan benar.
- etelah melakukan permainan, siswa dapat berdiskusi mengenai cara melakukan gerakan berjalan dan berlari dengan benar.
- etelah mengamati, siswa dapat menyebutkan makna simbol sila-sila Pancasila dengan benar.
- etelah mengamati, siswa dapat menceritakan contoh perilaku yang sesuai dengan salah satu sila Pancasila dengan benar.
- Setelah membaca, siswa dapat menyebutkan arti penting bersyukur kepada Tuhan sebagai salah satu makna dari simbol sila Pancasila yang pertama dengan benar.
- Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan pengalaman bersyukur kepada Tuhan YME dengan benar.
B. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
Ayo Mengamati
(Critical Thinking and Problem Formulation)
(Critical Thinking and Problem Formulation) Ayo Berdiskusi
Ayo Menulis
Ayo Berdiskusi
|
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
|
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi
ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan
guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah, Hj. ARTISPEN, S.Pd. NIP. 198204011983032001 |
Bukittinggi, Juli 2020 Guru Kelas 3 ABDIL HAFIZ, S.Pd. NIP. 198303302009011001 |
LAMPIRAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk
mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan
sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Penilaian Sikap
Observasi
selama kegiatan berlangsung (Lihat pedoman penilaian sikap)
2. Penilaian Pengetahuan
a. Mengelompokkan cara berkembangbiak hewan.
Skor
maksimal 100
Skor setiap
soal 20.
Nilai =
Banyak jawaban benar × 20
Kunci
jawaban bisa beragam, sesuai jenis hewan yang dipilih siswa. Berikut
salah satu
contoh jawaban:
Nama hewan |
Cara berkembang biak |
|
Melahirkan |
Bertelur |
|
Kuda |
v |
|
Kucing |
v |
|
Ikan Mas |
|
v |
Burung |
|
v |
Semut |
|
v |
Cicak |
|
v |
b. Penilaian pengetahuan tentang berbagai gerak
kombinasi berjalan dan berlari, diamati saat siswa melakukan praktik gerak
kombinasi. Pengetahuan tentang gerak kombinasi sejalan dengan kebenaran
melakukan gerak sesuai instruksi.
Contoh:
Kemampuan melakukan gerak hadap kiri sesuai dengan instruksi.
c. Menuliskan sikap yang harus dilakukan dalam
mensyukuri keragaman makhluk hidup.
Banyaknya contoh yang harus dibuat 3 buah.
Skor maksimal 100.
Nilai = (banyaknya jawaban benar :3) × 100
Kunci jawaban.
Mensyukuri keragaman makhluk hidup salah satunya dengan menjaga
kelangsungan hidup atau memelihara kelestariannya. Hal yang bisa dilakukan
diantaranya adalah:
1) Tidak berburu liar
2) Memelihara hewan peliharaan agar tetap sehat dan
bergerak dengan baik.
3) Memelihara hewan peliharaan dengan cara memberi
makanan agar hewan dapat tetap hidup dan dapat berkembang biak dengan baik.
3. Penilaian Keterampilan
a. Rubrik Menulis Kalimat.
No |
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Penggunaan huruf besar dan tanda baca |
Menggunakan huruf besar di awal kalimat dan nama orang, serta menggunakan tanda titik di akhir kalimat. |
Terdapat 1-2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik. |
Terdapat lebih dari 2 kesalahan dalam menggunakan huruf besar dan tanda titik. |
Tidak satu pun kalimat yang menggunakan huruf besar dan tanda titik. |
2 |
Penulisan |
Penulisan kata sudah tepat. |
Terdapat 1-2 kata yang kurang tepat dalam penulisan. |
Lebih dari 2 kata yang kurang tepat dalam penulisan. |
Semua kata belum tepat dalam penulisan. |
3 |
Struktur kalimat lengkap |
Mengandung subyek, predikat, objek, dan keterangan. |
Hanya 3 unsur saja. |
Hanya 2 unsur. |
Kalimat belum sesuai dengan kata yang diberikan. |
b. Rubrik Melakukan Gerakan Kombinasi
No |
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Kebenaran gerakan berjalan |
Gerakan kaki dan tangan sesuai contoh gambar di buku. |
Hanyagerakan kaki atau tangan yang sesuai contoh gambar di buku. |
Dapat melakukan namun gerakan tidak sesuai contoh gambar di buku. |
Belum mampu melakukan gerakan yang dicontohkan gambar di buku. |
2 |
Kebenaran gerakan berlari |
Gerakan kaki dan tangan sesuai contoh gambar di buku. |
Hanyagerakan kaki atau tangan yang sesuai contoh gambar di buku. |
Dapat melakukan namun gerakan tidak sesuai contoh gambar di buku. |
Belum mampu melakukan gerakan yang dicontohkan gambar di buk. |
c.
Rubrik Menceritakan Pengalaman Bersyukur
No |
Kriteria |
Baik sekali |
Baik |
Cukup |
Perlu bimbingan |
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1 |
Kelancaran dalam bercerita |
Seluruh cerita disampaikan dengan lancar. |
Setengah atau lebih bagian cerita disampaikan dengan lancar. |
Kurang dari setengah bagian cerita disampaikan dengan lancar. |
Belum mampu bercerita. |
2 |
Kepercayaan diri dalam bercerita |
Tidak terlihat ragu-ragu |
Terlihat ragu- ragu |
Memerlukan bantuan guru |
Belum menunjukkan kepercayaan diri |
.
Refleksi
Guru
No comments:
Post a Comment